Lokalisasi Bahasa Indonesia Framework Laravel 4.2

Berbeda dengan Laravel versi 3 yang secara default sudah menyediakan lokalisasi bahasa Indonesia, Laravel 4 hanya menyediakan bahasa Inggris untuk paginasi, reminder, dan juga validasi formnya. Biasanya saya menggunakan lokalisasi bahasa Indonesia yang saya buat sendiri karena saya tidak mahir berbahasa Inggris.

Untuk itu saya akan mencoba berbagi kepada anda tentang lokalisasi yang saya buat diatas, anda tinggal menyesuaikan dengan bahasa anda misalnya saja anda ingin membuat aplikasi yang berbasis bahasa Jawa ataupun Sunda dan lain-lain sesuai keinginan anda.

Baiklah langsung ikuti saja langka-langkah berikut ini:
1. Buatlah folder baru pada direktori /app/lang/ dengan nama folder id.
2. Buat file baru pada folder tersebut dengan nama pagination.php dan kodenya dapat anda lihat disini
3. Buat kembali file baru pada folder tersebut dengan nama reminder.php copas code disini kedalam file tersebut
4. Masih dalam folder yang sama, buatlah file baru dengan nama validation.php untuk kodenya lihat disini


Ok file lokalisasi sudah kita buat, sekarang kita tinggal mengatur bahasa yang digunakan Framework Laravel untuk menggunakan bahasa Indonesia. Caranya yaitu anda buka file app.php pada folder /app/config. Kemudian pada baris ‘locale’ => ‘en’ anda rubah menjadi ‘locale’ => ‘id’.

Selesai. Sekarang Laravel akan menggunakan bahasa anda.

Screenshot kodenya adalah seperti dibawah ini :


EmoticonEmoticon

Followers