Cara Install Framework Laravel Dengan Composer Maupaun Tanpa Composer

Sudah lama sekali tidak blogging karena sibuk dengan urusan kerja, kali ini saya akan berbagi tutorial cara install framework laravel.

Dalam tutorial ini akan membahas cara install framework laravel dengan composer maupun tanpa composer. Seperti menggunakan installer laravel yang sudah disediakan oleh laravel, menggunakan via composer create-project cara ini paling banyak dipakai, menggunakan via download dan install tanpa composer dengan download laravel yang sudah siap dari pihak ketiga.

INSTALL FRAMEWORK LARAVEL MENGGUNAKAN COMPOSER VIA INSTALLER
Install framework laravel dengan via installer adalah fitur baru yang ada di versi laravel 4.2. Di versi sebelumnya cara ini belum ada.

Pertama download laravel installer menggunankan composer, perintahnya :
  1. composer global require "laravel/installer=~1.1"  
Untuk membuat projek baru perintahnya
  1. laravel new namaproject  
Tunggu hingga proses install selesai.

Catatan : cara ini tergolong lumayan sulit, apalagi bagi pengguna windows jadi saya sarankan untuk pemula bisa menggunakan cara dibawah ini.

INSTALL FRAMEWORK LARAVEL MENGGUNAKAN COMPOSER VIA COMPOSER CREATE-PROJECT 
 Kita sarankan untuk install anda menggunakan cara ini, yaitu menggunakan composer. Kenapa harus install dengan via composer ? karena dengan menggunakan composer hasil install laravel kita akan selalu update, selain itu jika ada file yang tidak terinstall secara benar maka akan ada peringatan. Walaupun untuk pengguna baru akan terasa ribet atau kurang nyaman, tapi seharusnya kita belajar dan mengenal hal – hal baru agar tidak ketinggalan.

Untuk install laravel dengan composer, pertama buka commad prompt atau command line (cmd).
Lalu ketikkan perintah seperti dibawah ini :
  1. composer create-project laravel/laravel projectlaravel --prefer-dist  
catatan : projetlaravel adalah naman project kita atau nama project yang diingkan, bisa diganti dengan nama lain, ingat jangan menggunakan karakater aneh dan spasi. 
Jika sudah ada keterangan set successfully, itu tandanya install framework laravel sudah berhasil. Silahkan di cek di folder dimana anda menginstall laravel tersebut.

INSTALL FRAMEWORK LARAVEL MENGGUNAKAN COMPOSER VIA DOWNLOAD
Cara install yang satu ini juga tergolong mudah cuma kita harus download dahulu file Master Laravel . setelah itu extract di folder yang anda buat misal laravel. Sehingga seperti gambar dibawah ini :
Project diatas belum bisa dijalankan, kita ketik perintah berikut di cmd :
  1. composer install  
composer install digunakan untuk install projectnya, bisa juga menggunakan perintah php  composer.phar install, tunggu sampai proses selesai.

INSTALL FRAMEWORK LARAVEL TANPA MENGGUNAKAN COMPOSER
Cara ini tidak diajurkan walaupun mudah, karena file mungkin tidak update. Untuk file projectnya langsung bisa didownload di laravel-preloaded atau pun hasil install dari tutorial ini.

Pembahasan diatas adalah berbagai macam cara untuk install framework laravel, anda bisa memilih salah satu dari cara diatas yang dianggap mudah dipahami. Untuk cara menjalankan projectnya silahkan dilihat di tutorial cara menjalankan laravel.

sumber : http://seputarpemrograman.com


EmoticonEmoticon

Followers